11 May 2009

roti boy ala cappucino



udah lama pingin bikin roti ini tapi baru kemaren sempat bikin roti ini. kebetulan juga ini jadi menu tantangannya KBM DSH jadi ya sekalian aja deh.bikinnya hampir sama kayak bikin roti kasur kemaren cuma sekarang pake topping dari kopi.rotiku kali ini lebih empuk daripada yang pertama dulu, karena aku pake 4 kuning telur n ga pake putih telur


bikinnya aku pasin hari minggu coz kalo minggu kan banyak waktu luang,masih kuat untuk nguleni juga hhehehe bikin roti harus kuat nguleni manual,maklum lum punya alatnya.oh ya jumlah airnya itu aku cuma pake 200ml,itu udah pas jadi ya ga perlu dimasukkan semua airnya ntar malah kelemesen n ga kalis2.


waktu bikin toppingnya ini yang minimalis,aku ga punya gula palem n kopi instan, jadi deh aku pake gula halus trus kopi instannya aku pake yang capuccino, jadi deh toppingnya ga bisa coklat gtu tapi krem n ga keliatan waktu rotinya matang.malah waktu aku poto jadi kayak kue sus hehehe


nah biar sama kayak roti boy,aku kasih isian macem2,kismis,meisis,butter ma keju.kemaren waktu manggang seasion 2 ada kecelakaan, rotinya gosong, gara2 aku nyambi nonton tivi sampe kelupaan kalo di dapur lagi ngoven huhuhu jadi deh gosong semua,tapi alhamdulillah masih bisa dimakan n rasanya enak walau agak pahit hehehe


roti ini enak dimakan waktu masih hangat, rasanya mantaphh udah mirip roti boy deh hehehe muji diri sendiri neh. waktu aku bawa ke kantor juga langsung kudes, komentar temenku macem2 ada yg bilang udah mirip roti boy trus ada lagi yang bilang,ni roti apaan kok bentuknya ga karuan gini?hihi ya maap maklumlah masih amatir


bedewe aku pingin bikin lagi yang toppingnya pake gula palem n rasanya kopi banget, ntar ah kapan2 klo mood bikin lagi;)


nah bagi yang mo nyobain ini ada resepnya, aku copas dari NCC




ROTI POLO

Bahan :

- 500 gr tepung terigu protein tinggi
- 100 gr gula
- 100 gr mentega
- 11 gr ragi instant
- ½ sdt bread improver
- 4 btr kuning telor
- 300 ml air es
- ½ sdt garam


Topping:

- 50 gr gula halus
- 50 gr gula palem
- 100 gr mentega
- 80 gr telur
- 130 gr terigu protein rendah.
- 5 gr kopi instant + 1 sdm air panas
- 5 gr essence kopi


Cara membuat:

- Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
- Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
- Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
- Adonan siap dibentuk-bentuk. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali
- Toping:kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang kopi dan essence kopi, aduk rata.
- Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Gunting kecil ujungnya. Semprotkan diatas roti bulat yang sudah mengembang terakhir dengan arah seperti obat nyamuk.
- Panggang roti dalam oven hingga matang.Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalai adonan roti kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit


No comments: