05 January 2009

black forest kukus



masih dalam rangka my special moment at january weleh bosone hehehehehe,keminggris banget...;p
ya mumpung kemaren ada libur panjang sekalian juga nyoba resep dari koki, trus juga udah janji ke temen2 mo bikin blackforest hasilnya kemaren diniatin bikin blackforest, tapi kali ini blackforestnya ga seperti yang kebanyak dijual di pasaran itu, aku nyoba bikin blackforest kukus.

pagi sebelumnya aku belanja2 bahan n peralatan perangnya k avia, waktu nyari serutan coklat kata mbaknya ga ada habis, ya udah aku beli aja serutan yang dipake untuk buah kyk wortel gtu, eh waktu aku coba pake wat nyerut coklat ternyata bisa hehehehe, kretif kan dirikyu...;p

waktu nyari dark cherry muter2 d avia, secara aku lum tahu bentuknya jadi deh ga dapet, waktu nanya d kasir langsung diambilin ma masnya hehehe jadi malu gtw dark cherry. selain beli bahannya aku juga beli alat2 wat ngedekor, kayak spluit yang ada plastik segitiganya..hihihi padahal aku tuh ga gape ngedekor, ya udah demi yang namanya blackforest aku bela-belain beli itu ya itung2 wat belajar meningkatkan kemampuan dalam berbaking ria hahahahaha

bahan2 yang dibutuhin lumayan banyak macemnya, jadi ya sambil nimbang sambil liatin tabloidnya secara bikinnya ga ada yang bantuin alias seorang wae. setelah dimikser segala macem akhirnya dicetak pake cup cake gtu deh..sambil nunggu adonan mateng aku ngocok whipped creamnya. setelah adonan mateng trus ditunggu sampe dingin baru deh dihias pake whipped cream. nah karena baru pertama n aku ga punya jiwa seni akhirnya belepotan deh hehehehe tapi ya tetep bisa tampil cantik kok...

tadi waktu aku bawa ke kantor langsung ludes dilahap teman2, kata mereka sih udah enak tapi aku lum puas coz menurutku blackforestku ga mekar alias agak2 bantat gtu deh...ya lain kali mo nyoba lagi sampai hasilnya sempurna hehehe, oh iya ntar aku juga mo bikin blackforest yang panggang, sambil belajar ngedekor kue ..;)

wat yang mo bikin black forest kukus ini nih resepnya...

BLACK FOREST KUKUS

Bahan:
- gula pasir 200 gram
- SP/emulsifier 1 sdt
- telur 2 butir
- tepung terigu protein sedang 250 gram
- baking powder 1 sdm
- susu cair 250 ml
- rhum 3 sdm ( aku ga pake rhum)
- coklat bubuk black forest 2 sdm
- coklat pasta 1 sdm
- whipped cream secukupnya, kocok kaku
- coklat masak pekat 100 gram, serut
- cherry merah secukupnya

Bahan isi:
- dark cherry 1 kaleng, pisahkan air dan dark cherrynya (aku kmrn pake 1/3 bagian aja)
- gula pasir 50 gram
- selai blueberry 3 sdm
- tepung maizena 3 sdt

Cara membuat:
- isi: campur air dark cherry, gula pasir, selai blueberry dan tepung maizena. aduk rata. rebus sambil terus diaduk hingga mendidih. angkat, tambahkan dark cherry dan sisihkan
- ayak terigu, baking powder, dan coklat bubuk black forest. sisihkan
- campur gula pasir, SP dan telur. kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga setengah mengembang.
- tambahkan susu cair dan terigu sambil dikocok hingga rata
- masukkan rhum dan coklat pasta, aduk dengan sendok kayu hingga rata
- tuang adonan hingga 1/2 tinggi cup kertas, isi dengan campuran dark cherry. tuang kembali adonan hingga cup penuh
- panaskan panci pengukus, kukus adonan hingga matang. angkat dan biarkan uap panasnya hilang
- hias dengan whipped cream, taburi coklat serut n tambahkan cherry merah untuk hiasan

2 comments:

who am i said...

Huwwaaaa!! Pinginnn!! Pencicip dan pengomentar kue2mu skarang syapa Ndah?? Ada yang secanggih dirikuw?? Mesti ga ada.. :D

dhyanz said...

iyo mi..ga ada kamu ga seru,ga ada yg habisin..kmrn mas jumbo protes karena ga kebagian hehehe