12 January 2009

pempek Palembang

menu terakhir dari kesibukanku di dapur kemarin adalah pempek Palembang, kemaren tuh emang niat banget mo bikin makanan ini, alasannya sih karena aku ma adik suka makan pempek, trus yang kedua karena nih menu jadi tantangan d kbmDSH. nah setelah muter2 nyari tengiri, akhirnya dapat d mitra, untuk yang pertama lum berani nyoba banyak,cuma beli 1/4 kg aja alias cuma nyoba 1/2 resep.

setelah direbus, sebelum digoreng

setelah ikannya dihaluskan pake ulekan trus dicampur ma air es,tepung tapioka,tepung terigu, dicampur jadi 1 kemudian dibentuk2 gtu deh, kali ini aku pingin nyoba pempek kapal selam yang di dalamnya ada telurnya itu, karena emang masih amatir alhasil tuh telor banyak yang merembes keluar hehehe. untung deh waktu direbus ga berantakan. setelah direbus sampai mengapung kemudian dibiarin dingin dulu setelah itu baru deh digoreng. untuk yang pempek lenjer sebelum digoreng dipotong2 dulu biar dalemnya juga matang garing gtu, sedangkan yang pempek selam digoreng dulu baru dipotong2.


untuk cukanya terdiri dari gula merah, air, cuka, cabe rawit n bawang putih yang diuleg halus. campur semuanya sampai mendidih. oh iya waktu merebus gula merah, setelah mendidih disaring dulu baru kemudian didihkan lagi plus cabe rawit n bawang putihnya.

pempek kapal selam

untuk pelengkap aku pake mie pangsit n mentimun. mie pangsitnya ini beli dari tukang mie ayam keliling d depan rumah, beli yang masih mentah 1 gulung kecil kemudian direbus bentar. setelah matang tata di piring, siram dengan air cukanya tadi kemudian tata pempek di atasnya dilengkapi dengan mentimun yang dipotong kecil2. wah ternyata gampang juga bikin pempek..daripada beli mending bikin dewe sajalah hehehehehe

pempek lenjer

1 comment:

vita said...

Saya pernah bikin pempek tapi gagal kenapa ya mbak ?