17 February 2009

pizza (sangat) minimalis pertamaku




yihuiii..akhirnya aku bisa bikin pizza hehehehe. berawal dari request dari salah seorang teman kantor yang minta dibikinin pizza, aku mulai cari2 resepnya, trus ma mbak rina dikasih resep pizza minimalis. nah karena juga baru pertama bikin ya udah aku praktek itu aja. kalo resepnya itu pake smoked beef ma mozarella,aku ga pake itu cuma pake sosis n keju cheddar aja, padahal untuk bikin pizza yang enak itu wajib pake mozarella biar kejunya bisa 'molor' duhh bahasa indonesianya apaan ya?hehe ya pokonya biar bisa kayak yang dijual di pizza hut deh. makanya pizzaku ini amat sangat minimalis karena isinya cuma sosis doank, biar ada gurih2nya aku pake keju cheddar biasa, walaupun maksa tapi ya gpp-lah hehehe, ntar aja kalo ke giant beli mozarella

bikin pizza ternyata gampang, ga sesusah yang aku bayangin. cuma capek waktu nguleni aja, maklum ga punya alatnya jadi masih manual pake tangan. setelah diuleni didiemin biar ngembang..tratataaaa..karena kebanyakan ragi jadi ngembang banget hehehe, it's oke ga masalah deh. nah waktu mo bikin toppingnya ternyata saus tomatku habis, wah ga enak donk kalo cuma pake saus sambal, ntar kepedesen...demi percobaan pertamaku itu adikku aku paksa nganterin beli saus tomat ke minimarket, thanks yo bro hehehe

setelah didiemin kurang lebih 30 menit,adonannya digiles sampai tipis sekitar 1 cm lalu dimasukkan ke loyang. aku pake loyang bunder yang wat bikin blackforest. setelah dikasih topping lalu dioven selama kurang lebih 30 menit/sampai matang.

waktu adonan matang aku dah ga sabar wat ngincipi, dan ternyata nyammm..enak banget..ya walau belum seperti di PH tapi untuk ukuran amatir seperti aku ini udah enak. kebetulan di rumah banyak tamunya ortu langsung aja disajikan n alhamdulillah tandas habis. ini tadi aku bawa ke kantor, begitu aku buka langsung diserbu teman2..kruyuk..kruyukk..habis, malah yang minta dibuatin ga kebagian, sorry pren ntar aku bikinin lagi yang lebih enak deh hehehe


ini resep aslinya dicopas dari dapur sebelah




Pizza Minimalis

Bahan :


300 gr terigu
2 sdt gula pasir
½ sdm saf-instant
1 butir telur
150 ml air
1 sdm margarine


Cara membuat :


Campur terigu, gula pasir, saf-instant, telur, dan air.
Uleni sampai setengah kalis. Masukkan margarine. Uleni terus hingga kalis.Bagi adonan menjadi dua.Biarkan hingga mengembang lebih kurang 15 menit.
Gilas adonan hingga selebar loyang, lalu masukkan ke loyang.
Masukkan topping nya dan ratakan. Beri parutan keju mozzarella.
Oven dengan suhu 200’C selama 30 menit.


Bahan Topping :

4 buah sosis, potong2
1 buah smoked beef potong2
separuh bawang Bombay, potong2
bawang putih geprek
saus tomat dan saus sambal secukupnya
250 gr keju mozarella


Cara membuat topping :

Tumis bawang putih geprek dan potongan bawang bombay dengan margarine, masukkan sosis dan smoked beef. Tambahkan saus tomat dan saus sambal. Aduk2 sampai rata dan matang. Angkat

1 comment:

nupho said...

hanya memberi info, keju mozarella itu ternyta dapat memacu kanker..

http://nuph.co.cc/2009/05/keju-mozzarella-ditarik-dari-peredaran/