19 February 2009

sop buntut


setelah sekian lama tidak praktek bikin sayuran, kali ini pingin banget bikin sayuran yang anget2. nah kemaren pas belanja d matos beli buntut sapi, cuma dikit sih makanya belinya di supermarket kalo di pasar kan ga bisa beli cuma dikit.


bikin sop ini gampang banget, bumbunya sama kayak bikin sop biasa, cuma isinya aja yang beda, kalo sop biasa isinya bermacam2 sayuran, sop buntut isinya cuma buntut ma wortel aja. aslinya ada kentang juga tapi karena aku ga suka kentang ya udah ga pake kentang, cuma wortel aja.


SOP BUNTUT


Bahan:

* 250 gram buntut sapi
* air secukupya
* garam secukupnya
* 100 gram wortel, dipotong bulat -bulat
* 1 buah tomat, dibelah-belah
* 2 batang daun bawang, diiris-iris ukuran 2 cm.
* 1 batang seledri, diiris-iris ukuran 2 cm.

Bumbu halus:
* 1 sdt merica
* 1 sdt pala
* 3 siung bawang merah
* 2 siung bawang putih

Pelengkap:
* 3 sdm bawang goreng

* jeruk nipis


Cara membuat:

Buntut sapi dipotong-potong menurut ruasnya lalu direbus didalam panci besar berisi air secukupnya bersama garam. Setelah lunak dan matang, pisahkan buntut sapi di panci lain lalu ukur kaldunya sebanyak 1 liter. Jika kurang, tambahkan air secukupnya sehingga terdapat jumlah yang dikehendaki. Masukkan buntut sapi yang dipisahkan ke dalam panci yang berisi kaldu lalu masak sampai mendidih. Setelah itu masukkan tumisan bumbu halus, wortel, tomat, daun bawang, seledri, merica dan pala. Masak sampai seluruh bahan matang, angkat dan hidangkan dengan menaburkan bawang goreng. Hidangkan panas-panas, sajikan dengan jeruk nipis sebagai pelengkap

No comments: