10 February 2009

sus coklat mini

hari minggu kemaren kembali aku terjun ke dapur, kali ini mo praktek menu tantangan dari kbmDSH edisi ketiga, menu tantangannya ada 2 yaitu chicken nugget n kue sus, nah karena mo bikin nugget bahan2nya lum lengkap, aku bikin kue sus dulu aja. bahan2nya simpel n gampang2, bikinnya juga gampang ternyata. ga seperti bayanganku yang ribet gtu deh hehehe


kulit sus setelah dioven


bikin kulit susnya gampang cuma tinggal aduk2 bahan n mixer telurnya doank, nah yang kudu diperhatiin itu jumlah telurnya karena kalo ga pas ntar adonan bisa terlalu lembek or terlalu kentals, kalo terlalu lembek setelah matang adonannya ga bisa berongga, kalo terlalu kental setelah matang kue jadi keras. so aku pake telur yang ukurannya sedang aja(ini tips aku baca dari tabloid koki). setelah adonan dingin baru deh dicetak, aku pake spluit kayak wat bikin kue semprit. pake sendok sebenernya juga bisa tapi takut ntar hasilnya ga rapi.


karena aku suka kue yang bentuknya mungil maka sus-ku kali ini juga aku cetak kecil2, kalo gedhe orang kan 'awang2en' kalo mo makan hehehe. waktu kulit susnya matang seneng banget coz bisa ngembang n dalemnya berongga, rasanya juga gurih banget, enak..yes..yes..aku berhasil hehehe.






untuk isiannya aku pake vla coklat, d resepnya sih vla biasa, tapi aku ga begitu suka susu, makanya biar ga eneg aku kasih tambahan pasta coklat. rasanya enak lho...waktu aku bawa ke kantor langsung diserbu teman2ku, ada yang sekalinya ngambil itu 3 biji, sambil ngobrol ga kerasa tuh udah habis 3 hehehe. akibatnya ada temen yang ga kebagian, ni tadi udah ada yang nanyain, kapan bikin sus lagi?enak lho hehehe..

ini neh resepnya...bagi pembaca yang budiman,selamat mencoba hehehehe...

KUE SUS

Adonan Dasar Kulit Sus
Bahan:
200 ml air
125 gr Margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Cara membuatnya:
Masak air, mentega dan gula hingga mendidih.
Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis, angkat, dinginkan.
Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
Masukkan adonan kedalam plastic segitiga, semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
Oven selama 20 menit sampai matang

Vla Vanilla/coklat
Bahan:
2 btr kuning telur
50 gr tepung Maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir
coklat pasta secukupnya (bila tidak suka vanilla)

Cara membuat:
Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas kuning telur, satukan. Sisihkan.
Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut.
Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat

No comments: