10 March 2009

batagor n siomay uhuuiii


sebenernya ini adalah resep kedua setelah lumpia, bikinnya sore2 gtu, sebelum maghrib udah selesai bikin batagor ma siomaynya, yg lama tuh bikin saus kacangnya coz harus goreng kacangnya dulu.

udah lama aku pengen bikin cemilan ini, tapi karena kal beli tengiri harus ke supermarket dulu jadi ya keinginan itu lum juga tercapai. minggu kemaren waktu belanja ke giant, aku beli tengiri, mahal oeyyy..1 ons-nya 8.500 rupiah, akhirnya cuma beli 2 ons aja..ya buat tombo pengen aja hehe

bikin batagor ini juga dalam rangka ikutan tantangannya kbm DSH, itu loh klub masaknya temen2 yg dulu gabung d DSH. tantangan bulan ini adalah siomay+batagor n kue ku.

aku bikinnya cuma separo resep n bahan2nya ga semua aku pake..lha emang d dapur lagi ga ada, jadi aku bikinnya tuh sesuai persediaan dapur hehe

waktu masukin adonan ke tahunya itu agak susah,tahu dikeruk2 dulu baru dimasukin adonan ikannya, pertama aku goreng eh ternyata dalemnya masih lum matang beneran. aku punya ide, aku kukus dulu aja trus setelah itu dipotong2 baru digoreng, jadi matangnya bisa merata

yang susah waktu bikin saus kacangnya, coz harus goreng kacang dulu. sebenere ada bumbu pecel,tapi kan ntar rasanya ga sama. jadi ya harus goreng kacang dulu sebeleum diuleg ma bahan laen. yang goreng kacang bundaku, aku goreng2 tahunya. setelah kacang disangrai trus diuleg bareng cabe merah n bawang putih, kayaknya kemaren kebanyakan kasih cabe merah, warnanya jadi merah kayak bumbu bali hehehe

rasanya lumayanlah,walau lum seperti batagor d sebelahnya carrefour malang,udah bisa sebagai obat atas penasaranku hehe cie..cie..dimakan pas anget2 gtu..nyummyy banget deh...

ini resep versiku, modifikasi dari resepnya kbmDSH


SIOMAY/BATAGOR


Bahan:

500 gr daging ikan tengiri, haluskan (200 gram)

2 sdm bawang merah halus (3 butir)

1 sdm bawang putih halus (2 siung)

2 sdt lada halus (1 sdt)

3 sdm gula pasir (1 sdt)

3 sdt garam (1 sdt)

1 sdm minyak wijen (1/2 sdt)

3 btr telur (1 butir)

400 gr labu siam, parut kasar, tiriskan (aku ga pake)

450 gr sagu tani (aku pake tapioka 100 gram)


Cara membuat:
Kerat sisi tahu dengan garpu, keluarkan sedikit isinya.
Isikan adonan siomay, goreng hingga matang.
Atau isikan adonan somay ke dalam kulit somay, satukan sudut-sudutnya, goreng hingga matang

untuk mempermudah n biar matang merata setelah diisi adonan ikan, tahunya aku kukus dulu,kemudian dipotong2 baru digoreng


Sambal Kacang untuk Siomay dan Batagor
Bahan:

500 gr kacang tanah, goreng, giling halus (100 gram)

200 gr cabe merah (2 biji)

3 bh bawang putih (2 siung)

2 sdm cuka (1 sdm)

2 sdm garam (1 sdm)

8 sdm gula pasir (2 sdm)

minyak sayur secukupnya

500 gr ubi merah, matang (aku ga pake)

1,5 ltr air matang (100ml)


Cara membuatnya:
Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
Haluskan cabe merah dan bawang putih.
Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan.


mungkin karena ga pake ubi merah,jadine saus kacangku encer gtu deh..tapi tetep enak kok hehehe

No comments: