10 March 2009

perut sapi a.k.a perut ayam versiku...

menuntaskan rasa penasaranku, kemaren akhirnya bikin perut ayam, itu loh salah satu kue tradisional yang bentuknya mlungker2 kayak obat nyamuk. dari kecil aku emang suka ma nih kue, bentuknya emang aneh tapi rasanya enak, empuk n bikin kenyang hehe.

hari jumat kemaren nanya2 ke mbak rina, trus dikasih resepnya, tapi kata beliaunya ada yang kurang,jadi ga bisa empuk gtu..trus aku search d inet, nemuin resepnya rudy choirudin, udah aku copi eh lupa ga aku save d flashdisk. jadi deh kemaren itu bikin perut ayamnya pake resepnya mbak rina cuma aku modifikasi, aku tambahin tape yang udah dihaluskan.

waktu nyetaknya itu yang susah..aku masukin plastik segitiga trus langsung aku semprotin di wajan, bentuknya ga karu2an gtu deh..tapi lumayan sih masih bisa mlungker2 hehehe

tretetet..ternyata aku kebanyakan ngasih ragi, jadi tuh kue ngembang banget trus rasanya jadi renyah kayak donat huhuhu..gagal maning deh, padahal aku dah bayangin makan perut ayam yang enak gtu. ya udah deh lain kali mo praktek lagi..doain sukses yaa..;)

ini neh penampakan dari 'perut sapi' alias perut ayam jumbo...

PERUT AYAM


BAHAN :

- 250 gram tepung terigu

-80 gram gula pasir

- 1/4 sdt vanili bubuk

- 1/2 sdt baking powder

- 1/2 sdt ragi instant

- 2 butir telur

- 50 ml air kelapa

- Minyak untuk menggoreng

- 100 gram tape dihaluskan

CARA MEMBUAT :

1. Campur tepung terigu dengan gula pasir, vanili bubuk, baking powder dan ragi instantaduk rata.

2. Masukkan telur dan air kelapa, aduk hingga menjadi adonan yang kental, istirahatkanselama 30 menit.

3. Siapkan kantung plastik hias/segitiga isi dengan adonan secukupnya lubangisecukupnya.

4. Panaskan minyak semprotkan adonan buat melingkar, seperti obat nyamuk, gorenghingga berwarna coklat keemasan angkat.

5. Sajikan hangat.

No comments: